Monday 30 September 2013

Amalan Dzikir Ba’da Sholat Subuh

Amalan Dzikir Ba’da Sholat Subuh - Tanya: Bismillah, Ustadz yang ana cintai karena Allah, barakallahufikum. Ana bertanya: Amalan dzikir ba’da sholat subuh sampai terbit matahari dan dilanjutkan sholat sunnat 2 rakaat pernah atau sering dilakukan oleh Shalafus Sholeh?. Apakah boleh kita melakukan amalan tersebut setiap hari?. Jazakallahkhair.

Dijawab oleh Ust. Dzulqarnain:

Bismillah. Ahabbakumullahu Al-Ladzi ahbabtana fiihi. Semoga Allah menjadikan kita semua dari orang-orang yang saling mencintai karena-Nya.

Berdzikir setelah sholat subuh hingga matahari terbit adalah hal yang dituntunkan oleh Rasulullah shollallahu ‘alaihi Wa sallam dan dilakukan oleh para Salaf kita yang sholih. Hal tersebut dijelaskan dalam sejumlah hadits dan atsar.

Adapun melakukan sholat dua rakaat setelah matahari terbit, bila hal tersebut dianggap sholat Dhuha maka tidak masalah, karena sholat Dhuha adalah hal yang disyariatkan untuk dilaksanakan bila matahari telah terbit setinggi tombak.

Bila maksud dari sholat dua raka’at itu adalah sholat yang disebut dengan nama sholat Isyraq, maka hal tersebut telah terjadi silang pendapat di kalangan ulama ahli hadits akan keabsahannya dari sisi periwayatan. Syaikh Al-Albany menguatkan hadits tersebut. Guru kami, Syaikh Muqbil dan selainnya melemahkannya.

Dari apa yang pernah saya bahas, kelihatannya masih membuat saya condong kepada pendapat yang melemahkannya. Wallahu A’lam.